Kenapa penting memperhatikan isi tas P3K kita

Saya terhadap Kotak P3K selama ini

Image result for kotak p3k


Jujur saja, semula saya nggak terlalu melirik yang namanya tas P3K, kok bisa? ya itu-lah, terkadang saya memang tidak terlalu perduli dengan hal-hal kecil seperti itu

Namun setelah mengikuti acara yang diadakan oleh Mebo - Mederma, di GrandKemang tanggal 13 Oktober 2019 lalu, ternyata kita perlu memperhatikannya, amat sangat perlu, baik rumah, di mobil mungkin juga dalam perjalanan, entah itu sedang liburan atau dalam urusan pekerjaan.

Rentankah Kita terhadap kecelakaan luka bakar.
Related image
Tanpa api-pun, kecelakaan luka bakar selalu mengintai kita dimanapun dan kapanpun, nggak percaya? mari kita kupas

Awalnya, yang ada dalam pikiran saya, luka bakar itu adalah luka akibat api saja, ternyata luka bakar itu sangatlah luas, diantaranya: terkena uap panas atau bahkan air panas, minyak panas.

Terkena benda panas pun bisa menimbulkan efek luka bakar misalnya panci panas, atau gagangnya yang panas, bahkan terkena knalpot panaspun merupakan efek luka bakar.

Peralatan listrik juga harus diperhatikan, terkena strum listrik, strika panas, dan oven pun juga dapat mengakibatkan luka bakar yang sangat serius.

Gesekan terhadap benda keras jangan dianggap enteng, terkadang anak anak sering main perosotan, dan kulitnya bergesek dengan perosotannya, ini dapat menimbulkan efek yang sama seprti luka bakar.

Beberapa zat kimiapun juga demikian, cairan pembersih lantai kamar mandi, misalnya larutan ini cukup keras untuk kulit manusia.

Kondisi Dapur




Tertegun  saya membayangkan kondisi di dapur, betapa sangat rentannya kita terhadap kecelakaan luka bakar, saat menggoreng, atau merebus,

Anak anak pun tak luput dari bahanya ini, kebanyang khan si mungil mengambil panci, dan tanpa sengaja menumpahkan air rebusan sop yang masih panas, dari atas kompor pula.


Kegiatan sehari hari
Image result for Menuang air teh panasContoh sederhana, saat kita membuat air teh, tentunya air panas tersebut akan dituangkan ke gelas, dan uap panasnya, bisa jadi akan menjelajahi tangan kita, dan panasnya dapat berakibat tidak enak pada kulit tangan, parahnya efek luka bakar.

Belum lagi jika pakai dispenser, terkadang air panasnya mengucur mengenai tangan, panas tentunya.

Contoh lain, misal saat sedang mencuci motor atau mobil, dimana mesin masih panas.

Bisa saja berpotensi tersentuh bagian mesin yang panas, hingga mengakibatkan kulit melepuh, minimal perih yang cukup lumayan.

Untuk saya yang gemar touring bersama rekan vespa, potensi terkena knalpot panas juga pasti ada!

Apakah bermin tidak luput dari luka bakar? tarik tambang misalya, baik menang maupun kalah, bisanya lecet-lecet ditangan dan di kaki, panas atau melepuh bisa banget terjadi, dan ini adalah bagian dari efek luka bakar.

Mitos lama nyembuhin luka bakar
Selama ini, lagi lagi, jujur apa yang saya ketahui, kalo terkena minyak panas, segera dinginkan dengan air kran mengalir, nah yang satu ini sudah benar sesuai anjuran dokter.

Menggunakan tepung atau oleskan mentega atau pasta gigi untuk meredam panasnya, ternyata hal ini sangat salah, karena baik tepung, mentega maupun pasta gigi bukanlah benda yang dapat membantu meringankan efek luka bakar, mungkin justru malah sebaliknya.


Tips menangani luka bakar ringan
  1. Diamkan luka bakar pada air mengalir dengan suhu ruang, ini berguna agar panas luka bakar dapat dihilangkan dengan aliran air yang ada. 
  2. Hindari mengoleskan pasta gigi, tepung, atau bahan bahan lainnya karena dapat memperparah luka bakar.
  3. Gunakan salep dari bahan alami yang tidak menggunakan antibiotik
  4. Untuk luka bakar berat, konsultasikan ke Dokter.

Jenis tingkatan luka bakar di kategorikan menjadi 3 derajat, berdasarkan tingkat keparahan luka bakar 

Luka bakar derajat 1. 
Dikenal sebagai luka bakar ringan atau bahasa canggihnya superfisial, terjadi di bagian kulit luar, menyebabkan cedera di lapisan epidermis. 

Luka bakar sejenis biasanya ditandai dengan rasa nyeri dengan warna kemerahan, bahkan terkadang membengkak, misalnya luka terkena paparan sinar matahari, upa panas.

Luka bakar derajat 2
Luka bakar ini tidak hanya merusak lapisan epidermis, tetapi sudah menembus kulit lebih dalam yaitu pada lapisan dermis

Merupakan jenis luka bakar yang sangat sakit, dimana kulit akan menjadi kemerahan, bahkan bisa menjadi putih, juga dapat ditandai dengan munculnya gelembung-gelembung di kulit yang berisi cairan. Jangan memecahkan gelembung di kulit tesebut dengan alat apapun, karena dapat mengakibatkan inveksi karena kontaminasi alat yang tidak steril, atau bahkan kulit yang terbuka, dapat menyebabkan terkontminasinya kulit dari kuman.

Luka bakar derajat 3. 
Luka bakar ini menimbulkan cidera hingga ke lapisan lemak, serta merusak saraf dan pembuluh darah, juga ada kemungakinan merusak hingga tulang maupun organ dalam tubuh. 

Luka bakar ini ditandai dengn kulit mengring, pucat atau putih, bahkan hitam, syaraf-syaraf akan mati akibat luka bakar ini sehinga tidak menimbulkan rasa nyeri dan sakit lagi.

Golden-time pada luka bakar adalah empat jam pertama setelah kejadian, keterlambatan dalam menangani luka bakar dapat berakibat pada makin parahnya luka karena terinfeksi, dan juga menentukan keberhasilan penyembuhan luka bakar yang dialami, semakin cepat ditangani semakin baik, demikian penjelasan dari Dokter Afriyanti Fandi.

Luka bakar yang terlambat atau tidak ditangani dengan baik, tentunya akan berdampak buruk bagi penderitanya, sedangkan kecelakaan luka bakar, dapat terjadi dimana saja dan kapan saja, serta dalam kondisi apapun, baik di dapur, dalam ruang rumah lainnya, dalam perjalanan bahkan dalam katifitas sehari hari. 

Disinilah mengapa pentingnya kita memperhatikan kotak P3K, terutama perlengkapan yang dapat membantu dalam pertolongan pertama kecelakaan luka bakar. 

Combiphar turut perperan dalam menangani kecelakaan luka bakar

Combiphar menghadirkan produk Mebo dan Mederma yang sangat praktis dan aman digunakan.

Kedua produk ini memiliki fungsi masing masing, Mebo adalah solusi untuk luka bakar dna Mederma adalah solusi untuk penanganan bekas luka bakar. 

Kenapa Mebo? 
Disini pentingnya,  Mebo adalah salep yang mengandung 3 bahan herbal, yaitu Scutellariae radix, Phellodendri chinensis, Captidis rhizoma, dimana ketiga bahan tersebut berfungsi sebagai anti-inflamasi, anti-infeksi, dan membantu regenerasi sel.

Selain itu Mebo juga mengandung Sesame Oil dan Beeswax, dimana kobminasi keduanya mempunyai prinsip mendinginkan luka, Sesame Oli juga berfungsi megurangi peguapan air di area luka, hal ini sangat membatu dalam menjaga kelembaban kulit agar proses regenerasi berjalan dengan baik.

Itulah Mebo dan kenapa harus memilih Mebo:
  1. Effective mengatasi dan menyembuhkan luka bakar sekitar 4 sampai 7 hari.
  2. Meminimalkan bekas luka dan sakit.
  3. Rekomendasi para Dokter di Indonesia.
  4. Mengandung bahan alami dan tanpa bahan antibiotik kimia.

Bagaimana dengan bekas luka yang susah pudar?
Combhipar tidak hanya menyediakan salep penangan pertama luka bakar. namun juga menyediakan salep yang dapat merawat bekas luka bakar atau kulit luka, yaitu Mederma.


Mederma sudah terbukti efectif dan aman dikulit orang Asia (penelitian pada 26 pasien Asia pasca operasi Caesar dan hasilnya tidak ada efek samping)

Bagaimana Mederma bekerja?, tidak lain karena Mederma mengandung Alantion, dimana zat ini dapat mengurangi rasa gatal pada kulit bekas luka. Alue vera yang terkandung di Mederma membantu menjaga kelembaban kulit dan mencerahkannya. Cepali, Alium Capae --> Kaempferol dan Quercetin, merupakan zat anti-peradangan, zat ini berfungsi untuk memperbaiaki tampilan dan struktur kulit rusak.

Kenapa harus pilih Mederma?
  1. Produk pilihan untuk perawatan bekas luka oleh Dokter Indonesia (sumber Indonesia Medical Data Index 2013)
  2. Secara significant membantu proses penyembuhan luka dalam 8 minggu pemakaian (untuk  bekas luka baru)
  3. Mederma tidak hanya bekerja di permukaan kulit, namun juga meresap dan memperbaiki bekas luka hingga bagian dalam kulit, sehingga perawatan lebih efektif dn menyeluruh.
  4. Merupakan gel yang mengandung bahan alami extrak Onion, Alantoin dan Aloe Vera
  5. Telah dipasarkan di Indonesia oleh CHOMBIPHAR sejak tahun 2002

Sekarang tau khan kenapa kita harus perhatikan isi tas P3K kita.
Dan selalu sediakan Mebo - Mederma yang praktis, cepat dan aman. 


INGAT

 KECELAKAN LUKA BAKAR DAPAT TERJADI DIMANA SAJA, 
KAPAN SAJA DAN DALAM KONDISI APA SAJA, 
TERUTAMA DIDAPUR KITA SEMUA











Comments

  1. abis ini mau beberes kotak p3k deh ternyata punya mebo itu sangat penting ya mas Aan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget, buat jaga jaga, khan nggak tau apa yang akan terjadi kedepan bukan, walau sdh diantisipasi sedemikian rupa.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Baduy Dalam Cikeusik